Sunday 21 April 2013

Tips Menghadapi Walk In Interview



Tips Menghadapi Walk In Interview
Beberapa tahun belakangan ini  para pencari kerja sangat dimudahkan dalam usahanya mencari lowongan kerja. Hal itu terjadi karena tersedianya  berbagai. Tengok saja para pencari kerja hanya tinggal klik di internet dan berita lowongan kerja pun tersebar, tinggal pilih mana yang cocok dan tunggulah panggilan untuk wawancara kerja.  Namun ada yang lebih cepat dari cara diatas yaitu para pencari  kerja tinggal datang ke suatu tempat dimana sudah terdapat ratusan perusahaan yang sudah siap untuk merekrut melalui walk in interview. Kelebihan dari walk in interview adalah para pencari kerja tidak usah menunggu datangnya surat panggilan. Para pencari kerja hanya tinggal datang dengan membawa segala surat lengkap, pilih perusahaan yang cocok, interview dan hasilnya kadang-kadang saat itu juga. Dalam walk in interview, sebagai pencari kerja  andalah yang  ‘menjemput bola’. Seperti kata pepatah dalam dunia olah raga  Vini, Vidi, Vici (Saya datang, saya bertanding dan saya menang).
Sebenarnya menjalani walk ini interview sama  dengan wawancara kerja biasa. Disini  sebagai pencari kerja, Anda dituntut untuk siap secara maksimal karena Anda langsung berhadapan pewawancara saat melamar. Berikut ini saya gambarkan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi pemenang.
Harap teliti iklan yang ada
Setelah  anda meilihat daftar beberapa perusahaan Anda perlu meneliti iklan lowongan kerjanya, apakah bidang kerja dan posisi yang ditawarkan sesuai dengan minat dan kemampuan anda.
Persiapkan Resume dan CV
Setelah yakin bahwa lowongan tersebut memang sesuai dengan minat dan kemampuan  Anda, buatlah resume dan CV yang menarik dan lengkap karena resume dan CV anda ibarat kesan pertama, di internet tersedia bebagai template resume dan CV yang menarik.
Jangan lupa data pendukung
Setelah itu, lengkapi dengan data-data pendukung lainnya, seperti ijazah, surat-surat referensi, foto 4X6 1 lembar, serta contoh hasil karya atau portfolio terbaik Anda. Masukkan semua kelengkapan ini ke dalam map atau amplop besar.
Persiapkan Diri
Setelah anda memilih salah satu posisi yang ditawarkan , pahami dulu lingkup kerjanya. Jangan sampai Anda datang ke sana masih bertanya soal posisi yang ditawarkan. Misal, jika posisi yang Anda lamar marketing, coba pelajari beberapa hal yang berkaitan dengan dunia marketing.
Perhatikan Penampilan
Penampilan Anda secara keseluruhan sangat berpengaruh.  Karena impresi pertama pewawancara setelah melihat resume dan CV adalah gaya dan busana anda. Pilihlah busana yang paling sesuai dan sopan. Pastikan penampilan Anda rapi, bersih, cantik dan layak untuk menghadiri wawancara kerja.
Bawalah Alat Tulis
Bawalah alat tulis dan notes karena siapa tahu diperlukan saat wawancara kerja. Kesiapan Anda menghadipi interview juga mendapat penilaian tersendiri. Jangan sampai Anda harus meminjam alat tulis pada pewawancara.

Kesan Positif
Selesai wawancara ucapkan terima kasih dan berikan jabatan tangan yang paling hangat. Berikan kesan positif saat meninggalkan ruangan. Adakalanya jawaban diberikan pada waktu itu juga namun Jika dalam waktu yang dijanjikan pewawancara belum menghubungi Anda, teleponlah pewawancara dan tanyakan hasilnya.

No comments: